Percaya Diri Bicara Di Depan Umum

Percaya Diri Bicara Di Depan Umum

Baca juga artikel lainnya tentang Sulit sukses karena tidak percaya diri.  Artikel pengembangan diri lainnya Orang yang tidak percaya diri ternyata tidak menarik

Tahukah Anda bahwa dari sekian banyak ketakutan yang dialami orang, ternyata bicara di depan publik termasuk yang berada di peringkat atas dan hampir sama banyaknya dengan orang yang takut ketinggian.

Kenapa orang takut bicara di depan umum? Apakah public speaking itu sedemikian mengerikannya?

Pertama kita telusuri dulu ketakutan apa saja yang dialami orang ketika bicara di depan publik, beberapa di antaranya adalah:

  • Takut kehabisan kata-kata
  • Takut salah bicara
  • Takut ditertawakan
  • Takut mengecewakan

Yang intinya takut gagal, bahkan takut tidak mendapatkan pengakuan dari audience karena kegagalan yang dikhawatirkan tersebut.

percaya diri bicara di depan umumJangankan jadi pembicara, ada juga orang yang merasa tidak percaya diri ketika disuruh memperkenalkan diri di depan umum. Wajahnya langsung pucat, bicaranya gagap, bahkan keringatan dan jadi serba salah tingkahnya.

Memang tidak semua orang harus tampil di depan umum, tapi sekali waktu dalam hidup ini biasanya ada saja event yang mengharuskan kita bicara di depan umum walau hanya sebentar seperti memperkenalkan diri misalnya.

Dan jika Anda termasuk yang pemalu dan merasa minder, maka bicara di depan umum akan menjadi event yang menakutkan bagi Anda.

Cara Percaya Diri Bicara Di Depan Umum

Jika Anda memang ingin berubah menjadi lebih percaya diri termasuk saat berbicara di depan publik, maka Anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan public speaking yang banyak tersedia di mana-mana, biasanya akan diajarkan metode untuk mengatasi rasa takut saat berbicara.

Anda juga dapat berlatih seorang diri dengan cara melakukan visualisasi seolah-olah Anda berdiri di depan banyak orang dan harus berbicara di depan mereka. Saat melakukan visualisasi Anda harus merasakan hal itu benar-benar terjadi sehingga Anda dapat melihat, mendengar, dan merasakan suasananya seolah terjadi saat itu juga.

Jika dilakukan dengan benar mungkin Anda akan merasakan ketegangan bahkan keringatan, karena pikiran bawah sadar tidak bisa membedakan antara imajinasi dengan kenyataan. Tapi itu adalah awal yang baik, Anda hanya perlu sering-sering bervisualisasi dan sedikit demi sedikit melakukan perubahan di dalam imajinasi Anda, bayangkan bahwa dari hari ke hari Anda menjadi semakin mahir berbicara dan orang-orang kagum dengan kemampuan bicara Anda yang memukau mereka.

Cara lain untuk membangkitkan rasa percaya diri agar bisa tampil bicara di depan umum adalah dengan melakukan terapi yang menembus akar masalah penyebab rasa tidak percaya diri Anda yang terletak di bawah sadar. Karena sangat mungkin akar masalah dari rasa tidak percaya diri Anda tersebut berawal dari trauma atau bahkan pendidikan di rumah yang membentuk Anda menjadi seorang yang minderan dan tidak percaya diri.

Jika Anda butuh bantuan untuk terapi percaya diri, kami dari klinik Hipnoterapi Jakarta Bekasi siap untuk membantu Anda. Silahkan Anda hubungi kami untuk melakukan appointment terlebih dahulu.

Sukses untuk Anda.

Share this:

Views All Time
Views All Time
169
Views Today
Views Today
4
Cara Meningkatkan Percaya Diri Di Depan Wanita Cantik
Tips Membangkitkan Rasa Percaya Diri Dalam Pergaulan