7 Hari Menjadi Percaya Diri Dan Berani

7 Hari Menjadi Percaya Diri Dan Berani

Baca juga artikel lainnya tentang Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri.  Artikel pengembangan diri lainnya cara untuk lebih percaya diri

Bagi orang yang pemalu dan minderan, menjadi percaya diri dan berani adalah harta yang tak ternilai harganya. Terutama ketika menyadari bahwa dengan menjadi percaya diri, hidup mereka akan lebih nyaman karena tak ada rasa minder ketika bersosialisasi, juga tak ada rasa takut saat mencoba hal-hal yang baru yang akan meningkatkan kualitas hidupnya.

Secara sederhananya cara menjadi percaya diri itu adalah dengan mengubah sudut pandang terhadap diri sendiri. Karena umumnya orang yang tidak pede melabeli dirinya dengan label yang tidak memberdayakan seperti:

cara menjadi berani– Tidak pintar

– Tidak berbakat

– Tidak sehebat orang lain

– Tidak cantik/tampan

– Tidak bisa apa-apa

 

Dan masih banyak lagi berjuta label yang diberikan pada diri sendiri yang intinya tak pernah merasa ada yang bagus dari dirinya, bahkan lebih suka mengeksploitasi kekurangan-kekurangannya tapi tak pernah berusaha untuk memperbaikinya. Dengan kata lain tidak suka dengan kekurangannya, tapi tak ada usaha untuk mengubahnya.

Tidak semua orang take action untuk mengubah keadaan, karena ada juga yang hanya berharap keadaanlah yang berubah, padahal agar dunia luar berubah maka kita harus mengubah dunia dalam diri kita terlebih dahulu. Untuk itu kita butuh pembiasaan agar jadi kebiasaan. Sebagaimana halnya selama ini Anda terbiasa melabeli diri sendiri dengan kata-kata yang tidak memberdayakan, maka sekarang saatnya mengubah label tersebut dengan kata-kata yang lebih positif dan memberdayakan.

Sebuah kebiasaan terbentuk oleh repetisi yang berulang-ulang baik secara sadar ataupun tidak. Karena itu untuk menjadi percaya diri dan berani pun kita harus melakukan repetisi dan menanamkan kebiasaan melabeli diri dengan kata-kata positif dan memberdayakan.

Karena itu dalam tips percaya diri kali ini akan saya share tips 7 hari menjadi lebih percaya diri dan berani, khususnya untuk orang minder dan susah gaul.

Kenapa 7 hari? Mungkinkah menjadi pede dalam 7 hari?

Tentu saja belum tentu, apalagi jika kita sudah bertahun-tahun melabeli diri negatif, maka tentunya akan dibutuhkan usaha yang konsisten untuk mengubah cara pandang kita terhadap diri sendiri. Tetapi 7 hari adalah minimum waktu yang dibutuhkan, karena kalau kita tidak konsisten, maka jangankan 7 hari, baru satu hari saja sudah menyerah dan berhenti.

Nah untuk memulai self therapy ini, maka kita mulai dengan menanamkan 1 kalimat positif yang memberdayakan yaitu:

menjadi percaya diri dan berani

Oke, ini memang tidak selalu mudah, terutama jika kebiasaan Anda untuk mengkritik diri sendiri sudah terlalu mengakar, sehingga Anda selalu merasa gak ada bagus-bagusnya, pokoknya Anda itu jelek, payah, gak bisa apa-apa, dsb, sehingga untuk mencintai diri sendiri pun terasa sulit.

Nah jika Anda adalah tipe seperti itu maka Anda harus memulainya dengan terapi yang bisa dilakukan sendiri yaitu:

  1. Ambil bolpen dan secarik kertas. Kemudian tuliskan semua label negatif tentang diri Anda sebanyak-banyaknya, sepuas mungkin, bahkan kalau perlu sampai coret-coret kertasnya, robek pun tak mengapa, Anda perlu mengeluarkan emosi negatif terpendam tentang perasaan Anda pada diri sendiri selama ini.
  2. Alternatif kedua, berdirilah depan cermin dan pandang diri Anda sendiri, kalau perlu amati setiap bagian tubuh Anda untuk meliha, adakah bagian tubuh yang tidak Anda sukai? Kemudian amati perasaan yang muncul saat melihat sosok yang ada di cermin tersebut. Apa yang Anda rasakan saat menatapnya? Sedih? Kecewa? Marah? Gak suka? Jika yang muncul adalah perasaan-perasaan negatif seperti itu, maka keluarkanlah dulu, karena emosi negatif yang terpendam perlu dialirkan agar tidak menghambat masuknya energi positif.
  3. Setelah puas mengeluarkan semua emosi negatif, tenanglah dulu, atur nafas Anda, lalu berikan pertanyaan pada diri sendiri kurang lebih seperti ini:
“Apa yang akan terjadi jika aku bisa menjadi lebih percaya diri?”
“Apa yang akan kurasakan terhadap diriku sendiri jika aku bisa lebih percaya diri?”

Kemudian bayangkan dan rasakan Anda menjadi pribadi yang lebih pede, lebih sukses, disukai banyak orang, kira-kira hidup Anda seperti apa?

Setelah itu katakan pada diri sendiri:

“Meskipun aku belum sepenuhnya menjadi orang yang pede, tapi aku mencintai diriku seutuhnya. Aku sedang berproses menjadi orang yang percaya diri dan berani, semakin hari aku menjadi semakin pede dan berani, semakin hari aku semakin sukses dan berkelimpahan. I love my self.”

Kata-katanya tidak harus sama persis, buatlah kalimat sendiri yang Anda merasa nyaman mengucapkannya, karena tiap orang berbeda dalam hal kenyamanan saat mengucapkan afirmasi, dan tiap orang punya cara untuk menyamankan diri sendiri.

Nah, sekarang tugas Anda adalah mempraktekkan ini selama 7 hari berturut-turut. Dari 7 hari tersebut nanti Anda bisa mengetahui apakah Anda konsisten atau tidak untuk mengubah diri. Dan jika ternyata Anda berhasil bertahan, maka akan ada kecenderungan untuk terus berusaha meningkatkan rasa percaya diri Anda, dan label negatif yang Anda berikan pada diri sendiri selama ini akan mulai terkikis, sehingga Anda dapat memandang diri Anda dari sudut pandang yang baru yang lebih memberdayakan.

Mempraktekkan hal ini tidak sulit, yang sulit adalah menjaga konsistensi, apalagi kalau Anda ingin hasil yang cepat dan instan, maka Anda akan mudah menyerah ketika hasilnya belum kelihatan.

Bagaimanapun juga Anda punya hak untuk mengubah nasib Anda, dan untuk itu Anda harus membuat keputusan yang bulat dan tegas serta komitmen yang kuat agar perubahan itu bisa terjadi.

Selamat mencoba, semoga bisa membantu Anda menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan berani.

cara menjadi percaya diri

Untuk yang ingin hasil lebih cepat, silahkan kontak kami pondok perubahan (hipnoterapi jakarta bekasi) untuk melakukan terapi memulihkan percaya diri ke WhatsApp 085-880-960-920

Share this:

Views All Time
Views All Time
6205
Views Today
Views Today
12
3 Cara Meningkatkan Percaya Diri Untuk Meraih Goal
Terapi Untuk Orang Minder Dan Susah Gaul