3 Cara Meningkatkan Percaya Diri Untuk Meraih Goal

3 Cara Meningkatkan Percaya Diri Untuk Meraih Goal

Semua orang pada dasarnya ingin sukses dalam meraih goalnya. Dan Anda pasti sudah tahu bahwa untuk meraih sukses, salah satu kuncinya adalah PERCAYA DIRI.

Percaya diri dalam hal apa?

  • Percaya diri pada kemampuannya untuk meraih goal
  • Percaya diri untuk tetap maju meski hambatan apapun yang merintangi
  • Percaya diri untuk tetap fokus di jalurnya meski dicibir oleh orang lain

Itu adalah beberapa contohnya. Mungkin Anda punya pendapat lain.

Tapi dalam hal ini jika Anda tidak pede dalam 3 faktor tersebut di atas, maka sejak awal Anda sudah akan mengalami hambatan yang bukan soal teknis, tapi faktor non teknis yaitu mental block yang berupa rasa tidak percaya diri.

meraih percaya diri untuk suksesTidak percaya diri pada kemampuan atau ketakutan tentang kegagalan akan membuat Anda diam di tempat, sehingga mungkin Anda hanya bisa berangan-angan tentang kesuksesan yang seakan sulit diraih, padahal melangkah untuk mulai pun belum.

Jika Anda mudah mundur karena omongan negatif dari orang lain, atau karena mendengar banyak orang yang gagal di bidang itu, maka Anda sudah kalah di awal, karena Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk menembus rintangan.

Kenapa orang bisa tidak pede untuk meraih goal padahal dia sangat menginginkannya?

Atau kalau mau digali lebih dalam, kenapa orang takut dengan kegagalan?

Ada beberapa faktor, tetapi kalau boleh saya sebutkan satu saja yang paling umum, maka faktor tersebut adalah PENGAKUAN atau PENILAIAN ORANG LAIN.

Ya, satu hal yang manusiawi jika kita menginginkan pengakuan dari orang lain. Karena pada dasarnya manusia senang mendapat pujian, dan tidak suka jika dihina oleh orang lain.

Secara umum, kita ingin sukses mencapai goal karena kita ingin membahagiakan orang-orang terdekat, atau orang-orang yang kita sayangi dan membuat mereka merasa bangga. Karena ketika mereka bangga dengan pencapaian kita, maka secara sadar ataupun tidak, kita pun akan merasa diakui.

Atau, mungkin Anda pernah diremehkan oleh orang lain, sehingga muncullah tekad untuk sukses dan menunjukkan pada orang-orang tersebut bahwa Anda tidaklah seperti yang mereka duga.

Tetapi di sisi lain, ada juga orang yang tidak pede untuk mencapai goalnya karena khawatir dengan kegagalan, karena kalau dia gagal maka dia merasa akan makin ditertawakan oleh orang-orang yang meremehkannya.

Nah, untuk mengetahui apakah rasa tidak pede untuk meraih goal ini diakibatkan takut tidak diakui atau takut ditertawakan jika gagal, tentunya membutuhkan tehnik khusus untuk menggalinya. Tetapi jika Anda mengalami krisis pede untuk mencapai goal, maka Anda bisa coba merenungkan secara mendalam, karena bisa jadi inilah faktor yang menghambat Anda.

Karena itu jika mental block Anda adalah takut tidak mendapatkan pengakuan atau takut makin diremehkan jika gagal, maka 3 hal berikut bisa Anda lakukan untuk mengatasinya agar Anda bisa lebih pede melangkah untuk mencapai tujuan.

3 Cara Meningkatkan Percaya Diri Agar Lebih Berani Untuk Meraih Goal

1. Terima Dulu Semua Ketakutan Yang Ada
Ya, menerima ketakutan jauh lebih baik daripada menahan ketakutan. Karena penerimaan akan mengalirkan energi negatif.

Percaya diri bukan berarti Anda tidak memiliki rasa takut sama sekali, karena kita adalah manusia biasa yang bisa takut, bisa cemas, dan bisa sedih.

Anda bisa tuliskan semua ketakutan Anda pada secarik kertas, atau Anda bisa ucapkan semua hal yang Anda takutkan di depan cermin, atau dengan cara apapun, yang penting Anda ungkapkan semua ketakutan Anda tersebut.

Bahkan Anda bisa tanyakan pada diri sendiri, “Apa hal terburuk yang bisa terjadi jika saya gagal mencapai goal?”

Setelah semua ketakutan tersebut diungkapkan baik secara lisan ataupun tulisan, maka biasanya perasaan kita akan menjadi lebih plong. Saat itulah yang terbaik untuk melanjutkan dan menggunakan langkah kedua berikut.

2. Fokus Kembali Pada Goal Yang Anda Inginkan
Setelah tadi mengungkapkan semua ketakutan, maka kali ini tanyakanlah pada diri sendiri:

Apa yang saya inginkan?
Apa yang ingin saya capai?

Tulis atau ungkapkan semua hal yang Anda ingin Anda capai. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan berikutnya yaitu:

“Langkah kecil apa saja yang bisa saya mulai dari sekarang untuk mencapainya?”

Kemudian buatlah list tentang hal-hal yang terpikirkan untuk mulai take action menuju goal Anda. Memulai dari hal kecil akan membuat Anda lebih percaya diri jika dibandingkan langsung mengambil langkah besar yang Anda belum pernah lakukan sebelumnya.

3. Lepaskan Keinginan Untuk Diakui
Ya, lepaskan semua keinginan untuk diakui tersebut. Terutama jika goal yang ingin Anda capai tersebut adalah dendam untuk pembuktian, karena Anda ingin diakui oleh orang-orang yang pernah meremehkan Anda, atau mereka yang pernah menyakiti perasaan Anda.

Sebagai contoh, bukan satu dua orang saja yang bertekad meraih sukses karena mereka pernah diputuskan, dikhianati, bahkan dihina oleh mantannya, sehingga muncullah dendam membara ingin menunjukkan pada sang mantan bahwa mereka bisa sukses.

Tapi apakah setelah sukses nanti Anda akan benar-benar muncul di depan sang mantan dengan membawa segala simbol kesuksesan untuk membuat dia terpukau?

Bagaimana kalau respon dia biasa-biasa saja?

Atau bagaimana kalau dia sudah bahagia bersama orang lain yang bukan Anda? Masihkah Anda mau show off di depan dia?

Anda ingin lepas dari pengakuan mantan? Klik Di Sini >> Cara Cepat Move On

Hal yang sama berlaku bagi orang-orang yang Anda rasa pernah meremehkan Anda, misalnya mantan atasan, teman, atau bahkan saudara atau keluarga sendiri.

Sebaiknya Anda lepaskan keinginan untuk mendapatkan pengakuan atas dasar dendam. Karena Anda harus sukses mencapai goal bukanlah untuk mereka, tapi untuk Anda sendiri dan orang-orang yang Anda sayangi.

Anda bukan hidup demi mereka, Anda bukan mencapai sukses untuk mereka, jadi berjuang keras untuk sekedar mendapatkan pengakuan yang cuma sesaat adalah pekerjaan sia-sia. Itupun kalau mereka kagum dengan pencapaian Anda.

Kalau respon mereka biasa-biasa bagaimana?

Akankah Anda berusaha berjuang lebih keras lagi agar mereka mengakui Anda?

Dan bagaimana kalau seandainya orang-orang itu ternyata tak lagi bisa Anda temui karena sudah dipanggil Tuhan duluan sebelum Anda sempat membuktikan kesuksesan Anda pada mereka?

Lalu untuk apa Anda berjuang keras selama ini jika mereka tak bisa melihatnya?

Jadi sebaiknya lepaskan keinginan untuk diakui terutama yang bersifat dendam. Karena ketika Anda lakukan itu sebenarnya Anda sedang mengalami krisis kepercayaan diri, karena Anda baru akan benar-benar merasa pede ketika dapat pengakuan oleh orang-orang yang Anda anggap pernah meremehkan Anda.

Demikian juga halnya dengan keinginan diakui oleh orang-orang yang Anda sayangi, sebaiknya lepaskan keinginan harus mencapai goal sesuai keinginan, karena pada dasarnya mereka tidak meminta yang aneh-aneh, mereka hanya ingin melihat Anda bahagia, dan itu tidak harus diukur dengan materi.

Anda cukup lakukan yang terbaik untuk mereka, dalam kadar kemampuan maksimal Anda, di jalan rejeki yang dianugerahkanNya kepada Anda. Tercapai atau tidak, yang penting usaha maksimalnya sudah dicoba, dan pasti selalu ada yang lebih baik untuk Anda.

Saya doakan semoga Anda sukses dalam meraih goal yang terbaik untuk Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan terima kasih telah mengunjungi website pondok perubahan.

Share this:

Views All Time
Views All Time
169
Views Today
Views Today
2
Membangkitkan Percaya Diri Dengan Mengubah Penampilan
7 Hari Menjadi Percaya Diri Dan Berani